Kaiser Kuo musisi metal & figur teknologi informasi tersukses di Cina

Pak Kaiser Kuo, memiliki latar belakang keturunan keluarga perantau asal Cina kelahiran Amerika. Namun berbeda dengan orang cina keturunan lain yang meraih kesuksesan di Amerika Serikat, Kaiser Kuo justru datang ke Cina pada tahun 1988 untuk belajar dan bersekolah.

Sebelum bergabung dengan Baidu, Kuo menjabat sebagai direktur divisi strategi pemasaran digital di Ogilvy China, jaringan komunikasi pemasaran terkemuka. Dia juga bekerja sebagai pemimpin redaksi di Red Herring Magazine dan konsultan untuk bisnis internasional di Youku.com.

Pada tahun 1989, Kuo ikut mendirikan band heavy metal pertama Cina, Tang Dynasty, tetapi meninggalkan band setahun kemudian. Masih aktif terlibat dalam lingkaran rock Beijing, ia saat ini menjadi gitaris untuk band Spring and Autumn.

Kaiser Kuo (Cina sederhana: 郭怡 广; Cina tradisional: 郭怡 廣; pinyin: Guō Yíguǎng; lahir 7 Maret 1966) merupakan seorang penulis dan musisi lepas Cina Amerika. Dia adalah mantan guitarist anggota band metal rock Tang Dynasty. Tang Dynasty telah lebih memeriahkan budaya musik kontemporer Cina dengan pembentukan kelompok rock metal berat yang berorientasi etnis, Spring and Autumn (bahasa Mandarin: 春秋). Karier musik Kaiser juga melibatkan bermain bass untuk Dirty Deeds, band penutup AC / DC yang berbasis di Beijing. Dia adalah editor di perusahaan media digital SupChina.

Kaiser sebelumnya bekerja sebagai direktur komunikasi internasional untuk mesin pencari Cina Baidu. Sebelumnya, dia adalah koresponden teknologi untuk majalah Red Herring, dan juga bekerja sebagai direktur strategi digital, China, untuk Ogilvy & Mather di Beijing. Dia biasa menulis kolom untuk majalah berbahasa Inggris yang berfokus pada orang asing, The Beijinger, dari tahun 2001 hingga 2011.

Pada 2010, Kaiser memulai pertunjukan Sinica, podcast urusan terkini yang berbasis di Beijing yang mengundang jurnalis dan pengamat China terkemuka untuk berpartisipasi dalam diskusi tanpa sensor tentang urusan politik dan ekonomi Cina. Para tamu dan co-host termasuk Gady Epstein, Mary Kay Magistad dari Public Radio International, Tania Branigan dari The Guardian, Evan Osnos dari The New Yorker, Arthur Kroeber dari Dragonomics, Jeremy Goldkorn dari Danwei dan Bill Bishop, pendiri CBS MarketWatch. Sinica direkam di studio Popup Chinese di Beijing dari 2010-2016. Pada April 2016, Kuo mengumumkan bahwa Sinica Podcast diakuisisi oleh startup New York yang tidak disebutkan namanya dan bahwa ia akan kembali ke Amerika Serikat bersama keluarganya untuk fokus penuh waktu di Sinica. Podcast dirilis setiap hari Jumat.


Sumber: China.org