K┼Źnosuke Matsushita lahir pada tanggal 27 November 1894 di Prefektur Wakayama. Ayahnya adalah seorang tuan tanah makmur di desa pertanian Wasa yang merupakan bagian dari Wakayama hari ini. Matsushita lahir dalam keluarga kaya tapi keluarganya menjadi miskin karena ayahnya membuat keputusan investasi yang buruk, terutama karena spekulasi beras. Pada tahun 1899, seluruh kekayaan keluarga telah hilang dan sesuatu yang bernilai dijual. Keluarga tersebut terpaksa pindah ke sebuah apartemen kota dengan tiga kamar tidur sempit dimana kondisinya kurang dari sanitasi.

Tak lama setelah Matsushita meninggalkan sekolah menegah, dia dikirim ke Osaka untuk menjadi pekerja magang di toko hibachi. Bahkan setahun tidak memasuki magangnya, toko hibachi gagal dan bangkrut sehingga Matsushita dipecat dan terpaksa mencari sumber penghasilan lain. Matsushita melamar pekerjaan di Osaka Electric Light Company, sebuah perusahaan utilitas listrik. Selama beberapa tahun berikutnya, posisi Matsushita meningkat di dalam perusahaan saat dia dipromosikan beberapa kali. Selama masa ini, Matsushita diperkenalkan ke salah satu teman saudaranya dan tak lama kemudian, dia menikahi Mumeno Iue. Matsushita sekarang bertanggung jawab atas sebuah keluarga dan tanggung jawab sebagai kepala keluarga barunya.

Pada usia 22, dia dipromosikan ke posisi inspektur listrik. Matsushita mencoba mempromosikan pada atasannya akan penemuan soket lampu listrik baru dan perbaikan yang telah disempurnakannya di waktu luangnya. Namun, atasannya kurang setuju akan penemuan Matsushita tersebut. Pada tahun 1917, Matsushita meninggalkan Osaka Electric Light Company untuk mendirikan perusahaannya sendiri. Tanpa modal, pendidikan formal, atau pengalaman di bidang manufaktur, nampaknya perusahaan tersebut akan gagal bahkan sebelum dimulai. Dia mendirikan tokonya di ruang bawah tanah rumah susun yang disewanya. Bersama istrinya, saudara iparnya dan beberapa asistennya, ia mulai membuat beberapa contoh produknya. Ia berusaha menjajakan sampel ke pedagang grosir namun tidak berhasil karena ia tidak menawarkan lebih dari satu pilihan produk.

Asisten Matsushita meninggalkan perusahaannya dan dia ditinggalkan hanya dengan istri dan ipar laki-lakinya, Toshio Iue, yang terbukti sebagai salesman dan manajer yang terampil. Matsushita akhirnya akan bangkrut tapi dia “diselamatkan oleh permintaan pelanggan yang tak terduga untuk pesanan seribu set pelat isolator untuk kipas angin listrik.” Dari sana, Matsushita memiliki penghasilang untuk terus memproduksi soket listrik nya yang ringan. Produk soket listrik itupun menjadi populer karena pedagang grosir menyadari produknya lebih baik dalam kualitas dan lebih murah daripada produk sejenis di pasaran. Tahun-tahun awal perusahaan itu sulit: Dia pernah menggadaikan pakaian kimono istrinya saat dia kekurangan uang.

Produk Matsushita awalnya dipasarkan dengan merek “National” dan kemudian beralih ke nama Panasonic, Quasar and Technics yang lebih dikenal kemudian. Sebenarnya produk temuan Matsushita yang terbaik adalah penemuan lampu sepeda bertenaga baterai yang lebih efisien. Selama tahun 1920-an, lampu sepeda adalah lilin atau lampu bakar minyak yang sangat tidak efisien karena biasanya hanya bertahan selama tiga jam. Dia menciptakan lampu oval yang menggunakan baterai untuk daya dan bola lampu untuk iluminasi. Dia harus memasarkan produknya secara pribadi ke toko-toko sepeda ritel.

Matsushita belajar pelajaran yang sangat penting dalam hal menumbuhkan perusahaan saat ia mencoba mengenalkan lampu sepedanya ke pedagang grosir. Dia menyadari bahwa bahkan jika dia memiliki produk yang lebih unggul dari apa pun di pasar, tidak masalah jika dia tidak dapat menjual produknya. Akibatnya, Matsushita mulai merancang cara untuk menciptakan saluran penjualan untuk produknya dengan lebih sedikit berkonsentrasi pada manufaktur dan lebih pada membangun tenaga penjualan, yang menyebabkan jaringan toko ritel dan akhirnya menempatkan perusahaan Matsushita di peta di industri manufaktur dan ritel Jepang .

Pada tahun 1929, ia mulai membuat struktur baru untuk perusahaannya. Perusahaan ini terstruktur sebagai perusahaan induk dan cabang divisi yang mengkhususkan pada produk tertentu diciptakan. Ada tiga produk spesifik yang sedang dibuat di perusahaan Matsushita saat ini: lampu sepeda dan divisi baterai, divisi soket listrik, dan divisi radio. Untuk masing-masing produk ini, departemen penjualan nasional dibentuk dengan kantor wilayah yang didirikan di lokasi-lokasi strategis. Kantor regional ini bertanggung jawab atas koordinasi penjualan dan manufaktur. Produk diproduksi berdasarkan permintaan akan produk. Akibatnya, manufaktur bergantung pada penjualan. Kesuksesan Bapak Matsushita juga berasal dari kepintarannya dalam memilih rekan kerja di luar Jepang dan menghargai anggota pekerja Panasonic dengan baik dan layak.