Biskuit disajikan dengan berbagai macam bumbu dan bentuk. Tapi ada satu hal yang sama di setiap biskuit.Setiap biskuit pasti memiliki sebuah lubang di tengahnya. Jumlah lubang tersebut tentu berbeda antara jenis biskuit satu dengan lainnya.

Pernah gak sih kalian bertanya-tanya kenapa setiap biskuit pasti memiliki lubang? Ternyata lubang tersebut bukanlah sebuah hiasan loh. Lubang-lubang tersebut memiliki tujuan dan fungsi.

Dilansir Grid.ID dari curiosity, lubang biskuit itu mempunyai fungsi untuk membuat adonan sempurna agar bisa membentuk biskuit yang ideal. Jadi lubang-lubang inilah yang akan mempertahankan bentuk adonan ketika proses pemanggangan.

Air, tepung terigu, baking soda, dan beberapa bahan lainnya jika dicampur akan melepaskan karbon dioksida. Air dalam adonan tersebut akan menguap.

Dan jika biskuit tidak memiliki lubang, maka proses pelepasan ini akan membuat adonan mengembang sehingga merusak bentuk biskuit.Pemberian jumlah lubang juga gak boleh asal.

Jumlah yang pas akan membuat proses pelepasan juga berjalan dengan optimal. Jika sudah begitu, maka biskuit yang dihasilkan juga akan renyah dan memiliki bentuk yang sempurna

source: Gris, Ttibun